Monday, November 30, 2015

Muhammad Arif, Motivasi Dosen Muda yang kuliah sambil bekerja di Malaysia

Assalamu'alaikum WW.

Sahabat Kreatif, tamu kita di Budaya kali ini, adalah sosok yang luar biasa. 
Seorang dosen muda di IAIN Bukittinggi, untuk mata kuliah Psikologi Pendidikan dan mengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam yaitu : Muhammad Arif, M.Ed.

Saat kakak Vio mengundang ke Pro 2 RRI dan kita wawancarai,  Pak Muhammad Arif tengah izin satu bulan dari kuliah S3 nya di Malaysia dalam rangka untuk mengambil data tentang Psikologi Pendidikan di Indonesia dan mengabdi di Almamaternya selama 1 bulan ini.

Kuliah sambil kerja telah mengawali langkah dari sosok dosen muda yang lembut dan tenang pembawaannya ini. Sesekali dia segera meralat bahasa Melayu yang kadang keceplosan saat wawancara. 
Hmm.. di tingkahi oleh gaya bertanya dan celetukan penyiar kita kak Linda dan Kak Vio ini, sesekali pak Arif kadang merasa grogi untuk menjawab pertanyaan kami yang kadang-kadang lucu,  seputar dunia pendidikan dan semangat beliau untuk mengejar cita-cita menamatkan kuliah S1 di IAIN Bukittinggi, S2 di Malaysia dan sekarang juga sedang berada di tahun I untuk program S3 di UKM sana.

Keinginan untuk kuliah ke luarnegri untuk mengambil S2 di Malaysia, bermula karena sebelumnya Pak Arif mendapatkan informasi kuliah disana. Segera dengan tekad yang besar dia berusaha meminjam uang untuk sampai disana dan berjanji akan mengembalikan uang tersebut dalam waktu yang tidak lama.

Orangtuanya hanya dapat berdoa dan merestui, dan jadilah Pak Arif mencari uang sambil kuliah menjadi seorang tukang jahit. Awalnya memang dia tidak bisa sedikitpun untuk menjahit baju, walau ada pilihan lain untuk pekerjaan seperti misalnya menjadi guru atau karyawan, namun karena susah untuk mengatur waktu kuliah dengan bekerja, maka ia mulai mempelajari cara menjahit, seperti menjahit baju kurung wanita, dan sekarang permintaannya sudah bisa membuat baju seragam dll. Walau hanya punya waktu 3 jam sehari untuk tidur, Pak Arif tetap berusaha maksimal dalam menyelesaikan kuliahnya yang sering mendapatkan tugas presentasi dari Jurnal-jurnal internasional serta tuntutan untuk publikasi Jurnal Ilmiah secara Internasional juga.

Hmm..banyak juga motivasi yang kami dapat, ternyata sukses atau tidaknya seseorang itu berawal dari keinginan dan tekad yang kuat. Semoga sahabat kreatif dapat mengambil manfaatnya. dan sampai jumpa lagi di Budaya Remaja yang akan datang.
Saya Linda Hevira undur diri, tetap dengarkan acara kita di RRI Pro 2 Bukittinggi, 97,2 FM. Suara Kreatifitas. Atau bagi kamu yang berada dimana saja di Indonesia, segera install aplikasi RRI Play di Palystore dan Cari RRI Pro 2 Bukittinggi ya..
Karena saya akan selalu update disana mewawancarai tamu kita setiap Hari Sabtu dan Minggu pukul 4 hingga pukul 5 sore. 

OK. Selamat sore, Sampai jumpa. Wassaalaamu'alaikum WW

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan saran, komentar atau pertanyaan, kami akan segera membalasnya...Terimakasih...