Monday, July 23, 2018

KULIAH TAMU UNIVERSITAS MOHAMMAD NATSIR BUKITTINGGI

KULIAH UMUM UMN YARSI Bukittinggi dengan Profesor dari Jepang dan UGM.

Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi menggelar Kuliah Umum dengan dua orang Professor yaitu dari Jepang dan UGM. Kuliah Umum yang berlangsung tanggal 5 Juli 2018 lalu dibuka oleh Rektor UMN Bukittinggi, Dr. Muslim Suardi, MS. Apt ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa UMN dan para Dosen di Gedung Aula UMN yang berada di samping STIKES YARSI Bukittinggi. Universitas yang telah membuka 10 jurusan ini selalu melaju dengan progress kerjasama dan MOU dengan banyak Universitas baik dari Dalam dan Luar Negri serta mempunyai mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik namun juga di bidang kewirausahaan, dibuktikan dengan memenangkan even Lomba Entrepreneur tingkat Kopertis dan Nasional.

Dalam satu minggu itu saja Universitas Mohammad Natsir sudah mendatangkan tiga orang narasumber yang berbobot, dimana 5 hari sebelumnya UMN mengundang Pendiri Wardah yang merupakan Kosmetik Halal nomor 1 di Indonesia yaitu Ibu Dra. Nurhayati Subakat, Apt dengan topik Halal Lifestyle, Global Trend and Bussiness Opportunities.

Narasumber lainnya yaitu Prof. Masashi Kawaichi, MD. PhD yang merupakan Director Division of Educational Development dari NAIST Jepang atau Nara Institute of Science and Technology Japan yang menjabarkan bahwa Institusinya banyak berkiprah dalam Penelitian, bahkan dengan karya terbanyak dengan posisi nomor 7 di Jepang.
Sementara itu Prof. Edy Meiyanto, M.Si. Apt dari Universitas Gajah Mada menjabarkan tentang Potensi dan Pengembangan Herbal Pencegah Kanker di Indonesia. Salah satu penelitian beliau tertarik kepada Curcumin yaitu kunyit yang bisa mencegah terjadinya penyebaran kanker lebih lanjut. Beliau mengatakan bahwa di dalam tanaman herbal banyak sekali kandungan yang patut diteliti untuk dijadikan obat sebagai pencegah kanker. Dosen Farmasi UGM ini memilih penelitian tentang obat kanker, karena diantara banyak penyakit yang mengakibatkan kematian paling tinggi adalah penyakit kanker, oleh sebab itu beliau juga mengajak siswa Farmasi atau Jurusan lainnya di UMN  untuk bisa berkerjasama dalam melakukan penelitian tentang tanaman obat lainnya.

Kuliah umum tersebut telah menambah semangat mahasiswa dan Dosen UMN untuk lebih maju lagi dan banyak berkarya dengan motivasi yang luar biasa dari para narasumber. 

Kuliah umum yang berlangsung dalam dua bahasa ini ditutup oleh MC, Linda Hevira, S.Si, M.Si yang juga merupakan SC dari acara tersebut. Di akhir acara diadakan foto bersama dan pemberian Sertifikat serta bingkisan kepada kedua narasumber.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan saran, komentar atau pertanyaan, kami akan segera membalasnya...Terimakasih...