Monday, March 21, 2016

Pentingnya Organisasi Ekstra dan Intra Kampus buat Mahasiswa

Acara : Dialog Khusus, 21/3/2016 pukul 10 -11 siang.
Bersama : FOSMAM (Forum Organisasi Mahasiswa Alumni Maninjau)
Ketua FOSMAM IAIN  : Apri Andes
Kabid. Keanggotaan, Pendidikan dan Peng. Diri : Iqbal
Sekbid. KKPD : Leli Suryani

FOSMAM berdiri karena keinginan R. Tanjung (Ketua MUI Bkt) untuk menyatukan Mahasiswa dari daerah Maninjau atau pernah bersekolah di Maninjau saat beliau menjadi menjadi mahasiswa th 1992 dulu.

Organisasi Intra maupun Ekstra kampus adalah suatu ajang silaturrahmi antar mahasiswa untuk melakukan kegiatan2 selain daripada perkuliahan. Banyak sudah aktivis merasakan manfaatnya, dari yang tadinya tidak berani tampil dan bicara di depan umum malah sekarang dipercaya menjadi ketua untuk Organisasi di dalam maupun di luar kampusnya seperti yang dialami sendiri oleh Andes.

Dengan berorganisasi kita dapat berkenalan dengan alumni yang sudah sukses sehingga kita juga dapat termotivasi olehnya seperti yang dirasakan oleh Iqbal, walau dalam berorganisasi ada juga teman yang memandang sebelah mata, tapi mereka merasa itu karena teman2 yang hanya sibuk belajar belum tahu manfaat ke depannya. Dia juga melihat manfaat organisasi ekstra kampus lebih terasa karena dapat berkumpul juga dengan teman2 dari Institusi lainnya, dan lebih heterogen dan berwarna. Untuk link ke depannya juga memudahkan kita untuk mendapat informasi kesempatan kerja.

Lain lagi halnya dengan Leli yang sejak SMA juga aktif di Forum Studi Islam, dia jadi lebih bisa menggali agama lewat diskusi dan kajian2 Islami, sedangkan manfaat lainnya adalah adanya kemudahan jika kita mendapatkan kisi2 soal atau kiat menghadapi dosen tertentu dan informasi2 baru.

Andes juga menambahkan kegiatan FORSAM lebih mengarah kepada penguatan materi ke masing2 anggota, tidak mesti mengadakan pelatihan/pengkaderan. Diantara kegiatannya mereka adalah Bidang : Kewirausahaan, KPPD, Seni Budaya, Kajian Strategis, Sosial Kemasyarakatan, Seminar, Training Motivasi, Hiking dll.

Dengan kepengurusan th 2016-2017 sekarang, mereka yang tidak hanya aktif di Organisasi Intra Kampus juga  berharap dapat menjadikan mahasiswa2 yang berasal dari Maninjau ini nantinya bisa mengambil semangat dari Pahlawan atau Tokoh asal Maninjau seperti Buya Hamka dan Rasuna Said dapat kembali lahir di era global ini.

Semoga.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan saran, komentar atau pertanyaan, kami akan segera membalasnya...Terimakasih...