Monday, March 14, 2016

Wanita dan Wirausaha

Talkshow kita kali ini adlah SAPA,Siapa dan Apa bersama Pengusaha Wanita, Mempunyai dua lembaga pendidikan Bimbel dan Bahasa Jepang serta juga menjadi Guru dan Dosen Bahasa Jepang yaitu Wira Hidayati

Hm.. Jiwa berusahanya sudah muncul  sejak kelas 1 SD, waktu itu sedang musim main lilin di Bulan Puasa. Alhasil ketika diajak ibunya ke Pasar, dia juga ingin dibelikan satu bungkus lilin, tapi sampai di rumah malah dia jual kepada teman2nya, sampai2 karena temannya sdh tahu kalau m' Wira ini jual lilin, malam2 ada aja temannya yg ketuk pintu, buk ada Wira, kami mau beli lilin...ha..ha..

Itulah, si Wira kecil anak kedua dari 4 bersaudara ini, orangtuanya yang ibu sebagai guru dan ayah berjualan ke Singapur juga tidak pernah marah kalau anaknya senang berjualan. Hal ini bahkan dia lakukan sampai kuliah. Sosok ibu muda yang ceria dengan 1 orang anak ini, sempat tempat kostnya sudah menjadi toko  favorit buat teman2nya yang mau beli baju baru. Wah..luar biasa. Dan sekarang mb' Wira ini juga sudah buka toko busana wanita di Mall  yang juga ramai pengunjungnya.

Beliau menyebutkan, Dalam  bisnis pasti ada suka dan dukanya, dan duka itu harus ada katanya, anggap saja itu adalah uang sekolah untuk belajar bisnis. Pernah suatu kali dia buka restoran karena memang suka kuliner, ternyata kurang maju dan akhirnya dia tutup saja. Syukurlah tdk terlalu banyak rugi karena barang dan sewa tempat dia pulangkan kpd teman yg mau bisnis yg sama. Ternyata pelajaran kegagalan itu adalah..hobby makan saja tidak cukup, tapi harus mau juga  berproses sebelum dia laku/laris, dimulai dari masakannya, karyawan, keuangan dan harus stand by di tempat serta byk hal lain yg perlu dipertimbangkan.

Selain itu, usaha Lembaga Pendidikan yg didirikannya terinspirasi ketika setamat kuliah dulu, dia magang di perusahaan Jepang selama hampir satu tahun. Dari sana dia berfikir untuk membuka Lembaga Kursus Bahasa disamping mengajar juga di beberapa sekolah SMA di Bkt.

Menurut mb' Wira, untuk menanamkan jiwa wirausaha harus sejak dini. Nggak mungkin bisa instan. Karena kalau kita mulai dari awal maka kita bisa belajar lebih awal dan tidak menghabiskan waktu. Untuk itu dia menyarankan buat para guru yg mendidik mahasiswa sdh menanamkan jiwa berani dalam bertindak untuk masa depan anak didik mereka. Di luar negri jurusan pendidikan sampai di SMA tidak hanya terbagi 2 , IPA dan IPS, tapi ada juga Seni, Olahraga dsb mendapat porsi yg sama. Sehingga ketika melanjutkan kuliah mereka sudah kenal dengan akan mau jadi apa mereka.

Sebagai tambahan, kalau membuat sebuah bisnis, khususnya Lembaga harus mempertimbangkan 5 P. Product terbaik, Place : lokasi yg ramai & strategis atau byk angkot yg lewat dari segala penjuru, Price : harga yg pas, Promotion : lewat media, pelayanan yg baik dll, dan Person : bahkan keberadaan/image kitapun harus bisa membuat meyakinkan klien yakin, artinya semuanya mesti kita up grade dan up date.

Ok dech. Sampai disini jumpa kita. Saya Linda Hevira ( Lahevi Center ) undur diri. Sampai jumpa di acara berikutnya RRI Pro 2 FM. Bukittinggi.


Wassalamu'alaikum ww.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan saran, komentar atau pertanyaan, kami akan segera membalasnya...Terimakasih...