Monday, March 8, 2010

Citra Diri, Edisi Jumat , 26 Februari 2010

bersama : Linda Hevira (Uni Djan Training)
Iis Marliana dan Risi Yulianti
Gitaris : Erinanda

SIKAP TUBUH DAN PERCAYA DIRI

Setiap orang pernah merasa tidak percaya diri. Tetapi dalam perjalanan hidupnya dia akan terus belajar bagaimana menyikapi rasa percaya diri tersebut, mungkin dengan banyak memperhatikan orang lain dan belajar dari apa yang dilihatnya.

Coba saja kita perhatikan jika seseorang yang tampil ke depan umum, dengan bahu yang tidak lurus, wajah yang gelisah serta penampilan seadanya dan ditambah dengan gerakan2 yang berlebihan, jawaban2 yang tidak fokus serta sering menunduk ke bawah, pasti kita menerka bahwa orang itu tidak percaya diri.
           
Nah, kalau begitu bagaimana sih cara mengatasinya?

Sebelum tampil ke depan tentu kita sudah tahu bahwa nanti kita pasti akan mendapat giliran, nah kalau ada namanya istilah alah bisa karena biasa, maka disinilah tempatnya.
Anda harus mengambil pengalaman pertama ini untuk membiasakan kemampuan anda dilihat oleh orang lain. Dari sana akan belajar cepat bagaimana cara mengatasi rasa percaya diri tersebut.
Tetapi untuk membantu anda disamping tentunya anda harus mempersiapkan diri jauh2 hari sebelum anda tampil adalah dengan mengubah sikap tubuh anda.
Karena dengan berubahnya sikap tubuh, contoh walau anda tidak siap, tapi begitu anda tegakkan kepala, tegakkan bahu, binarkan mata, senyum, dan membuka tangan, otomatis anda pasti punya jawabannya.
Kita sering kali mengalami hal2 semacam ini, dan ternyata dalam keadaan mendesakpun kita punya kemampuan yang luar biasa, tanpa kita sadari penampilan tadi disambut dengan meriah oleh orang lain. Namanya adalah "The power of  kepepet"

Sikap tubuh yang harus anda praktekkan SECARA KESELURUHAN dimulai dari :

  • Kepala : berpikir positif, berpikir ke masa depan, penuh dengan idedan solusi
  • Rambut : segar dan memberi keyakinan dan tidak menutupi wajah.Bagi laki2 : rambut ditata dan minyak rambut wetlook, wanita : dicepol atau sebatas bahu, jilbab selain hitam.
  • Posture : badan tegap, tulang belakang tegak seolah bersandar ke dinding. Artinya Siap diterima dan siap dikritik.
  • Kepala : tegak, tidak menunduk atau mendongak ke atas
  • Mata : bersinar, terbuka, jujur, melihat kesempatan dengan jeli
  • Wajah : berseri, bersahabat, senyum, membuka diri (siap diterima dan siap dikritik)
  • Make up : percaya diri, antusias dan ramah , membuat wajah cerah walau sampai sore bahkan malam hari, minimal lipstik dan alis mata
  • Mulut : tersenyum nampak gigi, dan menyenangkan hati orang lain
  • Dasi/scarf : menambah wibawa
  • Jam tangan : menepati janji, komitmen dan dapat dipercaya
  • Tas : penuh dengan ide dan serasi
  • Bahu : lurus, siap menerima tanggung jawab/ melakukan tugas dari pagi, siang bahkan malam hari serta  percaya dengan kemampuan diri
  • Berdiri : tegak, kaki diatur rapi serta memberi jalan pada orang lain, laki2 : kaki dibuka selebar bahu, perempuan, kaki disusn seperti jam sati, kaki kiri di angka 12 dan tumit kanan dilekukan kaki kiri ke arah angka 1)
  • Duduk : tegak / bersandar ke sandaran kursi, laki2 : kaki dibuka  bahu ditegapkan serta tangan mengepal di atas paha, perempuan : kaki ditata dengan anggun dan cantik, tangan di samping atau di atas paha
  • Berjalan : dalam satu garis lurus denganlangkah pasti dan percaya diri
  • Tangan : lepas dan memberi kemudahan dan memberikan jalan.
  • Sepatu : disemir , lambang memperhatikan penampilan dan profesionalitas

PERCAYA DIRI

      Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, kita harus yakin dahulu dengan semua kelebihan yang sudah kita punyai dan memperkecil semua kelemahan yang kita miliki.

Berikut ini adalah strategi untuk tampil percaya diri : 
Langkah pertama memang harus berani. Sudah kita lihat berapa banyak orang yang memberanikan diri untuk tampil, dan akhirnya dikenali oleh orang lain, padahal kemampuannya mungkin hanya biasa-biasa saja.
 Dan banyak pula kita lihat teman kita yang mungkin pandai, tapi tidak memberanikan diri untuk tampil, akhirnya iapun tidak dikenali oleh orang lain.
Langkah kedua adalah: kita harus mau mengambil kesempatan dan memanfaatkan setiap kesempatan, sekecil apapun itu peran yang kita jalankan. Walaupun hanya seorang asisten, yang mungkin itu tanpa bayaran, tapi ambil, gunakan untuk mencari relasi dan menimba pengalaman yang mungkin tidak kita dapatkan di tempat lain.
Selanjutnya, langkah ketiga adalah : mengumpulkan semua kesuksesan-kesuksesan kecil yang pernah kita dapatkan, contoh walaupun itu hanya pujian karena kita jujur, karena kita mendapat peringkat 10 besar, karena kita dipercaya menjadi ketua kelas, karena dipercaya menghapus papan tulis, juara panjat pinang, karate, nyanyi, puisi dll.
Seterusnya terus pelihara semangat anda, dengan mencatat semua rencana dan keinginan yang akan kita capai.
Begitu kita akan tampil, kendalikan diri anda, daripada anda menghabiskan waktu untuk meresahkan kemampuan anda, lebih baik anda ganti dengan bagaimana menguatkan kemampuan anda dan mencari trik yang berbeda dari orang sebelumnya.
Dan lupakan apa kata orang nantinya, yang penting saya usaha dulu secara maksimal, tanpa memikirkan akan berhasil atau tidak nantinya. Tetaplah untuk FOKUS. Karena lebih baik anda berbuat tetapi salah, daripada anda melihat tapi anda merasa benar (Lahevi).

MENJALIN HUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN

Walaupun kita tahu kesuksesan berasal dari semangat dan hasil usaha kita, tapi tidak bisa dipungkiri, kesuksesan juga perlu didukung oleh orang lain.Supaya kita tidak jalan di tempat, dan untuk itu kita butuh orang lain/relasi yang banyak.
Contoh saja, ketika kita ingin bekerja di sebuah perusahaan A, maka kita harus tahu dahulu siapa yang bekerja disana, apa kendalanya, bagaimana mengantisipasinya, tentu orang yang telah bekerja disana yang tahu. Oleh sebab itu bisa dikatakan, kemana target anda, maka carilah orang-orang yang berhubungan dengan target anda tersebut dan dekatilah! (Lahevi)

KEPERCAYAAN
Dalam kehidupan, mencari orang pintar mungkin  banyak, tapi mencari orang yang jujur dan bisa dipercaya sangatlah sulit.

      Agama membuat hidup lebih terarah

      Ilmu membuat hidup lebih mudah

      Seni membuat hidup lebih indah.

Untuk itu, dalam dunia Profesional, kita Perlu Seni dalam :

      Berbusana

      Bersikap

      Berprilaku

      Berbicara


SETIAP KITA ADALAH MODEL

      Model dalam ilmu Pengembangan Diri artinya :Teladan / Contoh / Pola

      Sebagai Model , Pentas kita ada dimana saja, dalam : Action, Expression & Communication

      Baik in door maupun out door

      Teladan sebagai muslimah, istri, suami, ibu, bapak, anggota DW, karyawan, atasan, lingk masy, lingk kerja, sebagai mamak,kemenakan, pemuda, anak, siswa dll.


PENAMPILAN PROFESIONAL

            Banyak orang yang kita lihat tampil professional/ elegan dan serasi, sebenarnya itu tidak lahir dengan sendirinya. Syarat pertama yang harus kita lakukan adalah TAMPILLAH MENARIK.
Bagaimana anda bisa membuat orang tertarik, sedangkan diri anda sendiri tidak menarik”

            Untuk itu perlu adanya usaha dan ikuti langkah-langkah berikut :
  • ¨     Tegakkan kemauan untuk mau berubah
  • ¨     Disiplin dan konsisten
  • ¨     Banyak belajar, memperhatikan orang lain, boleh ditiru dari beberapa orang tapi tampilkan sesuai kepribadian kita masing-masing

TAMPIL MENARIK DALAM BODY LANGUAGE

Jika awal hari anda sudah dimulai dengan semangat dan senang, maka tetaplah pertahankan, dan lihatlah segala sesuatunya menarik di hati, mata, telinga dan jiwa  anda.

      Dalam berkomunikasi tentu tidak hanya kata-kata yang kita keluarkan tapi juga harus diiringi dengan bahasa tubuh, agar apa yag disampaikan lebih mempunyai arti.

Bahasa tubuh itu meliputi :
  • Raut  wajah (expression),
  • Gerakan tangan (gesture),
  • Gerakan kaki/langkah (movement),
  • Sikap tubuh (posture),
  • Penampilan (appearance)

            Setiap orang yang ingin berbicara serius atau menjalin kerjasama dengan orang lain tentu harus memiliki gaya penampilan yang meyakinkan. Orang yang bergerak di "bidang jasa" mesti menjalankan fungsinya seperti "actor yang harus tampil menarik", dan mereka harus sadar karena selalu tertangkap "kamera," dan kamera itu adalah "klien, nasabah, pasien, konsumen" dll yang selalu ingin diperlakukan baik dan ramah.
            Ketenangan (poise) : Bekerjalah dengan cepat, tepat dan tetap hangat. Namun kendalikan juga diri anda agar tampak anggun dan gentleman sehingga dengan sendirinya orang akan menghargai anda.

PERUBAHAN

      Hakekat kemajuan, adalah berubah ke arah yang lebih baik. Jadi tidak pernah ada kata terlambat untuk berubah, karena duniapun setiap hari berubah.

      Cara-cara lama akan menghasilkan produk yang lama pula, cara baru akan menghasilkan produk yang baru, begitu pula dengan sifat manusia, sifat bisa dirubah, asalkan ada Keinginan dan Dukungan.


Perubahan yang sebenarnya adalah: jika  terjadi dalam batin seseorang, tercermin melalui ucapan, dan terealisasi lewat perbuatan

Jika sikap tubuh anda sudah anda rubah, mudah2an rasa percaya diri anda juga dapat berubah.
Ingat jika anda stress maka orang yang melihat anda juga ikutan stress, jika anda berdiri dengan senang dan  tenang dan percaya diri tentunya orang juga akan senang dan yakin terhadap apa yang anda sampaikan.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan saran, komentar atau pertanyaan, kami akan segera membalasnya...Terimakasih...