Thursday, March 11, 2010

Citra Diri, Edisi Jumat , 12 Maret 2010. Mahasiswa dalam Konteks Kekinian dan Masa Depan

Topik Talk Show Citra Diri di BiTV

Hari : Jumat, 12 Maret 2010, membahas tentang
Tema : " Mahasiswa dalam Konteks Kekinian dan Masa Depan"
Nara Sumber : Linda Hevira (Uni Djan Training)
Tamu :Jefrinaldi (Mhsw semester 7)
Telp interaktif : 0752 626035
Live pukul 11.00 - 12.00 WIB

Pembukaan
Mahasiswa dapat diartikan sebagai siswa yang sudah maha, artinya dia tidak lagi bisa dikatakan sebagai anak SMA, tetapi dituntut juga harus mempunyai pola pikir dan tindakan yang matang.
Di usia ini umumnya mereka lebih idealis dalam melihat kenyataan yang ada, jiwa mudanya yang masih mencari dan mengeksplorasi apa saja, jika tidak diarahkan ke jalan yang benar, maka tidak sedikit pula yang  bisa dengan mudah terbawa emosi dan mengarah kepada anarki.


Namun jika dilihat apa sesungguhnya tugas dari mahasiswa itu adalah 3 hal yaitu :
1. Pendidikan
2. Penelitian
3. Pengabdian pada Masyarakat.
Artinya mahasiswa dituntut betul2 menjalankan tugasnya di bidang pendidikan.
Mengadakan penelitian yang aplikatif sesuai dengan bidang ilmunya
Kemudian melakukan pengabdian masyarakat sebagai bukti mereka merupakan fasilitator dan mediator dari pemerintah.

Dalam rangkuman sessi wawancara outdoor di beberapa Perguruan Tinggi, ketika ditanyakan kepada mereka
  1. Apa peran mahasiswa sebagai anggota masyarakat dalam menyikapi persoalan bangsa?
  2. Perlukah diadakannya demonstrasi?
  3. Apakah mereka setuju dengan demonstrasi yang sering dilakukan mahasiswa?
Inilah jawaban2 mereka diantaranya:
  •  "Sebagai seorang calon guru saya lebih memilih untuk betul2 konsentrasi dengan apa yang sedang saya pelajari di bangku kuliah. Dengan harapan jika suatu saat nanti ketika saya tamat dan menjadi guru,  tugas kitalah yang mendidik putra bangsa dengan akhlak yang benar serta cerdas dalam menanggapi persoalan bangsa."
  • "Menurut saya demonstarsi perlu juga dilakukan , karena merupakan kontrol sosial masyarakat terhadap kinerja pemerintah atau apa saja yang menyalahi prinsip keadilan dan kesejahteraan dalam masyarakat". Karena kalau pemimipinnya sudah salah, maka mau tidak mau ada akhirnya kami juga yang akan menanggung akibatnya di kemudian hari". Maka sebagai bagian dari masyarakat kami juga perlu untuk melakukan demonstrasi"
  • "Setuju tidaknya melakukan demonstrasi itu tergantung pada pribadi masing2. Tetapi saya lebih memilih untuk menempuh cara yang baik terlebih dulu. Jika seandainya tidak ada tanggapan yang cepat dari pemerintah, maka tentu saja kami perlu melakukan aksi turun ke jalan"
Di studio, dengan menayangkan kegiatan keseharian mahasiswa yang diiringi dengan backsound lagu "Sarjana Muda"dari Iwan Fals, agaknya mahasiswa perlu menyadari juga, bahwa keberadaan mereka  di bangku kuliah itu adalah karena didukung oleh jerih payah dan harapan orang tua.
Janganlah pengorbanan dari orang tua itu sia2 belaka hanya karena mereka:
1. Tidak serius untuk mengikuti perkuliahan, sering cabut  dan belajar asal-asalan, padahal di luar sana, masih banyak pemuda yang berprestasi tapi tidak bisa menduduki bangku kuliah, hanya karena tidak punya biaya.
2. Menunda2 waktu tamat hanya karena skripsi yang terbengkalai, berapa banyak pula uang orang tua akan habis jika  harus menambah beberapa semester lagi, masih mending terus ke jenjang  S2.
3. Terperangkap dengan kesenangan sesaat, seperti narkoba, pergaulan bebas, hamil di luar nikah, tawuran, perkelahian, tertangkap karena melakukan demonstrasi secara anarki dll.

Pembahasan :
Faktor idealis yang dimiliki oleh mahasiswa cendrung dipengaruhi oleh jiwa sosialnya dan rasa empati yang tinggi terhadap kaum marginal yang mereka anggap kurang diperhatikan oleh pemerintah atau penguasa.
Namun hal ini tidak pula berlangsung lama, karena banyak hal yang mempengaruhi mereka ketika sudah tamat kuliah dan mencari kerja.
Sering kita melihat banyak mantan aktivis di jamannya, ketika sudah mendapatkan jabatan atau sudah memasuki dunia kerja, mereka sudah tidak bisa berkoar lagi seperti waktu dulu, bahkan terkesan mandul dengan sepak terjangnya. Idealisme yang mereka punyai semasa kuliah dulu, mulai tergerus oleh kondisi yang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi setiap pemikiran dan tindakan mereka, ditambah lagi oleh pengaruh lingkungan baru dan berbagai kepentingan yang harus mereka pertimbangkan.
Pada saat kuliah dulu, mereka tidak pernah memikirkan bagaimana caranya mencari uang untuk mempertahankan hidup. Mereka hanya menunggu kiriman orang tua yang selalu datang tiap bulannya. Sehingga mereka belum belajar bagaimana cara mempertahankan hidup walau dalam kondisi yang tidak mudah.
Namun begitu tamat, mereka dituntut untuk mencari kerja. Banyak hal yang akan mereka alami,  susahnya mendapatkan kerja serta mencapai kedudukan tertentu, telah membuat mereka sadar ternyata ketika idealitas bertemu dengan realitas memang tidak mudah untuk disatukan.
Contohnya seperti : mereka harus tetap bekerja di sebuah perusahaan yang mempunyai citra buruk,  tetapi demi menjaga nama baik perusahaan, mereka harus bungkam.
Atau ketika mereka berhasil terpilih menjadi pemimpin daerah atau wakil rakyat, maka banyak hal pula yang harus mereka bayar setelah perjalanan panjangnya selesai. Mungkin tidak selalu mereka membayar jasa baik orang yang telah membantunya, namun karena rasa segan, karena tidak enak, karna merasa berhutang budi, sehingga mereka mudah percaya dan takluk di bawah kekuasaan semu.


Kesimpulan :
1.  Konsentrasilah dengan apa yang sedang ada di depan mata, 3 hal yang merupakan tugas mahasiswa, yaitu
serius di bidang, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (sda)
2. Jadilah mahasiswa yang mandiri, supaya mengerti bahwa hidup ini tidak selalu mudah.
3. Bekali diri dengan iman dan ilmu sebanyak2nya serta amalkan
4. Temukan (inventaris) semua bakat , minat serta hobby sejak dari kecil, gali dan kembangkan dan jangan lupa ekspresikan .
5. Jadilah generasi penerus sekaligus generasi pelurus bangsa, dimulai dari diri sendiri, jangan berharap lebih kepada orang lain, berharaplah kepada diri sendiri lebih dulu.
6. Selamat berjuang, perjalanan masih panjang..dan tetaplah bersih..





No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan saran, komentar atau pertanyaan, kami akan segera membalasnya...Terimakasih...